8/02/2012

Loe Bisa Eksis Ama Dakwah!


“Di antara beribu bintang hanya kaulah yang paling terang, di antara beribu bintang hanya kaulah yang aku sayang…” Sobat pencari jejak pastinya sering denger yah ama lirik lagu yang kental ama cinta nie. Ckckckck…. Pastinya donk, kamu tahu kalo lagu ini emang dari Hello yang judulnya Di Antara Bintang. Cieh cieh ngomongin bintang pasti sobat pengen yah jadi bintang apalagi yang paling disayang??? (Disayang sama siapa nieh ye… hehehe) “Disayang ama pacar gan?” Eh… eh…. Belum apa-apa udah nyeletuk pacar. Gag boleh hanya untuk 18+ ke atas katanya mas en mbak sobat di rumah yang tentunya belum paham agama pasti kayak gitu jawabannya.
Sobat, sekarang  nieh banyak anak-anak remaja yang pengen ngeksis dengan bejibun cara yang katanya biar tambah gaul en keren. Ada yang mereka mengatasnamakan diri mereka sebagai geng vandal (aduh… kecil-kecil kok suka geng-gengan, apa kata akherat???), ada juga mereka yang pengen eksis dengan nyanyi, nongkrong sambil ngopi di pinggir jalan bahkan ada yang sampe jadi pecandu narkoba en ketagihan seks bebas. Naudzubillahmindzalik….

Kalo sobat pernah lihat tayangan televisi seperti yang ngeksis pada beberapa waktu lalu kayak IMB (Indonesia Mencari Bakat), Indonesian Idol en bejibun program-program acara televisi lainnya yang punya konsep yang ngepasin ama kehidupan remaja. Yah kalo inovasi en kreatif-an yah lebih kreatif orang yang udah biasa bergerak di dalamnya tapi kan kudu ngertiin sobat pencari jejak juga kan, sobat mau dibawa kemana pikirannya ama mereka. Kalo di Indonesia Mencari Bakat, kita kan udah tahu nie di situ banyak uga yang sobat-sobat kita yang beradu nasib demi memperoleh sebuah gelar yang gede segede Tembok Raksasa Cina yang ada di Cina sana… eitssss salah, bukannya itu tapi gelar kayak “artis” sekelas SM*SH, Syahrini atau Geisha. Mereka emang secara keartisan udah mentereng en eksis deh soalnya sering nongol di stasiun televisi, radio, en sering diundang kalo ada acara-acara yang ngelibatin sponsor. Mereka uga yang jadi bintangnya. Eh, ngga salah yah mereka juga suka pake baju-baju mahal lho en berkelas tinggi setinggi menara Eiffel. Tapi sekarang menara Eiffel yang di Prancis tuh kalo ngga salah udah dikalahin yah ama yang di Abu Dhabi? Namanya apa yah? Dah… ngga usah mikirin itu. Ntaran aja… hehehe…

Sobat juga pasti dah ngiler ketika ngeliat mereka dan hadir di depan mata sobat dengan menyanyikan lagu-lagu yang sobat sukai (soalnya didengerin tiap hari ampe ngiler-ngiler boboknya), mereka juga pada pake pakaian yang gaul en keren style rambutnya pun gile ampe gag jelas dah (kalo disamain ama OG alias Orang Gila yang sukanya nge-gimbal gimana yah? Hehehe…). Emank kini sobat pasti dah mimpiin ketemu ama mereka sampe-sampe kalo pas waktu konser atau ngiklan di tipi sobat ngga ketinggalan. Tapi muncul sebuah keanehan nih sob, kenapa yah kalo mereka tersandung masalah pasti dengan pedenya pake kerudung. En mereka kalo pas waktu bulan Ramadhan pasti pake busana yang ngga gaul, yang kata sobat sendiri kayak busana ibu-ibu qasidahan… Pusing dah! Apalagi kalo di berita infotainment, mereka ngga malu-malu nunjukin pacarnya siapa, kayak artis yang baru aja keluar dari LP Bandung… Siapa hayo??? Si Juminten! Eh bukan, juminten mah di desa. Ya siapa lagi kalo bukan Ariel Peter Pan yang pernah membintangi sbeuah film seronoknya sendiri yang ngelakuin ama Cut Tari dan Luna Maya. Sob, emang ngeksis itu butuh pengorbanan yang ekstra. Kayak kita yang pengen dianggep eksis dengan kemalesan kita ya harus butuh pengorbanan dimarahin terus ama banyak orang (bukan cuman ortu aja). Kalo kamu pengen seperti mereka, artis yang mentereng pun ya butuh pengorbanan juga. Apalagi kalo kamu yang pengen jadi pejuang Islam yang kesehariannya dipenuhi dengan aktivitas dakwah juga butuh sebuah pengorbanan yang ekstra dari ngatur waktunya, hafalin ayat2nya, kudu berani en ngga boleh demam panggung en satu yang terpenting dari yang lain kamu harus bisa “ngomong di depan umum”.

Sobat, semua itu emang tergantung niat dan gimana sobat nemuin jati diri sobat. Tapi inget sobat, kalo kita yang masih anak-anak muda gini punya peranan dalam membela agama kita. Sia-sia nieh kalo kita hidup di dunia ini ngga dapat apa-apa, cuman dapat uang doing en eksistensi yang ngga jelas. Caranya pun udah mahal, ngorbanin banyak lagi tapi di mata Allah sobat ngga dianggep ama Dia. Jadi bintang di dunia saja emang ngga cukup. Tentunya kalo pengen jadi bintang ya harus kedua-duanya lah. Coba liat para sahabat dan para ulama’ yang shalih dulu, mereka kan sebenarnya lebih eksis daripada SM*SH, Syahrini serta konco2nya itu. Bandingin deh kehidupan para sahabat ama kehidupan sekarang, yang konon kata orang tua mereka lebih takut pergaulan anak2 sekarang yang lebih bebas. Orang ngeksis sih boleh-boleh aja, ngga ada yang ngelarang tapi orang eksis pasti dicontoh ama fans-nya. Maukah sobat pencari jejak nanggung resiko jadi orang yang eksis tapi bikin orang sesat karena ulah sobat sendiri? Setiap orang tuh kalo nyari atau ngerjain sesuatu itu mesti ada beberapa motivasi/quwwah di dalam dirinya.

  1. Pengen Dapet Duit
Tipe ini mah udah banyak dilakuin ama yang sukanya tampil ngeksis itu kayak artis atau mereka yang ngaku sok eksis. Ini mah gampang ditemuinnya ama sobat. Coba aja Tanya satu per satu ke mereka yang masuk dalam kategori ini (emang mau wawancara, gan…? Hehe). Ngga masalah sih kalo sobat berani tapi ati2 lho… Jangan sampe habis wawancarain ntar babak belur. Waduh, ngga ikutan dah… kalo niat dari eksistensi itu cuman dapet duit ntaran juga bakal bosen. Soalnya kalo semuanya udah terpenuhi, yah ngga ada jalan lain kalo nge-habisin uangnya di jalan yang ngga disukai Allah dan Rasul-Nya. Lihat aja orang-orang Barat yang sering terkenal kata-kata bijaknya,”Time Is Money”. Waktunya buat cari uang aja, boro-boro perjuangin apa yang Allah en Rasul-Nya perintahkan. So, sangat ngga pas buat kamu, para sobat pencari jejak. Niat alias bahasa kerennya motivasi ini gajebo banget deh.

  1. Pengen Dipuji
Tipe ini juga bahaya sob, kalo mereka yang ngelakuin seambrek aktivitasnya tentu tak dapet apa-apa. Masa mau ngapa2in harus nunggu orang dulu, biar dipuji gitu. Kalo sendiri mah ngga usah ngelakuin apa-apa, ngga jadi seorang hero yang siap membantu orang. Ckckck… ini mah tambah lucu, tapi faktanya sobat lebih banyak yang kayak gini ketimbang orang yang tulus ikhlas (kayak pelajaran aqidah akhlak aja). Ini juga virus bagi sobat, kalo mau antivirusnya ya beli… Huft, masa beli sih kantong dah bolong mlompong malah suruh beli. Ngga mau ah… Kalo ngga pengen beli tontonin tipe yang ketiga nie en kamu jangan jadi orang yang gajebo yah yang ngga punya arah tujuan.

  1.  Karena Allah
Kalo tipe yang ini mantep bener dah (kalo kata Pak Bondan di acara kuliner Trans TV. “Maknyus….”. Hehehe…). Semua tujuan hanya untuk yang udah menciptakan kita. Masa kita yah, manusia yang udah dibuat susah-susah ama Allah ngga patuh juga sama yang buat kita. Emang sih Allah itu ngga minta apa-apa pada kita. Dia ditaati ataupun tidak ya ngga masalah tapi ingat juga bagi kalian yang suka ngeyel ama perintahnya, kalian ngga segan-segan akan dijeblosin di neraka yang panasnya api dunia emank ngga ada apa-apanya. Sobat, inget loh… kita itu udah janji ama Allah sebelum kita lahir di dunia ini. Allah Swt. berfirman :
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",   (Al A’raaf [7] : 172)

Ini bukan masalah inget atau nggaknya tapi kita sendiri kudu nepati janji kita. Jangan berlagak sok lupa atau sok idih kamu. Kalo ngeksis di jalan Allah mah malah tambah enak bro en sista. Caranya juga banyak tapi bisa dengan berjihad, berdakwah dll. yang semata-mata karena Allah Swt. Karena Allah lho bukan yang lain. Kalo sobat kurang pede sih, kita tunjukin dah bukti nyatanya en bukan rekayasa kayak sinetron gitu. Seorang ulama’ yang sangat tekenal dari kecil ia mulai nyelamin diri buat cari ilmu yang bejibun dah. Dia memang dari keluarga yang udah terkondisikan semangat untuk cari ilmu dan dakwah jadi ngga heran lagi, kalo dia jadi orang yang eksis dengan dakwah. Dialah Imam Syafi’i, tentunya sobat sering denger nama beliau ini di berbagai kesempatan. Paling-paling denger ceramah di masjid atau tabligh akbar, kalo sobat tahu siapa beliau pasti ngiri deh en bakalan nangis kenapa kok ngga dari dulu kayak beliau en kenapa terlalu nyia-nyiain waktunya.  Beliau juga hafal Qur’an pada umur 8 tahun, dan kitab terkenalnya adalah Ar Risalah yang sekarang nie sering jadi rujukan para ulama’-ulama’. Ngiler ngga? Kalo kamu jadi apa sekarang? Pasti sobat sendiri yang bisa jawab en renungin mau jadi apa ntaran. Yah, yang enak tetep jadi orang eksis kayak para pendakwah itu. Selain banyak teman, terkenal alias eksis, tebar ilmu serta makin disayang sama Allah en pastinya sobat jadi bintang yang makin terang seperti lagunya Hello yang terbaru. Yupz, pastinya sobat bisa kok selama kita mau ngerubah kebiasaan dan pola pikir kita semua bisa en jangan lupa minta sama Allah agar sobat bisa eksis dalam perjuangkan dien-Nya yang sempurna ini. Allahu Akbar!

1 komentar:

  1. Wah, tulisannya begitu asyik yah... Bahas-bahas eksistensi anak muda sekarang yang sukanya ngelantur kemana-mana. Bukannya Allah yang dicari tapi kesenangan duniawi semata... Inilah bentuk dari sekulerisasi budaya dan berbagai hal hingga membutakan pemuda-pemuda yang katanya Pak Karno apinya bangsa ini...

    BalasHapus